Wednesday, December 28, 2011

Deskripsi Dan Type Gear Pump

Pompa roda gigi ( gear pump ) banyak sekali dipergunakan pada sistem karena pompa ini sangat sederhana dan ekonomis. Pompa ini tergolong pompa fixed displacement.


Gear pump digolongkan menjadi dua yaitu :
(-) Internal Gear Pump.
Konstruksi internal gear pump atau trochoid pump.


(-) External Gear Pump.
Untuk unit - unit Komatsu sistem hidroliknya banyak memakai jenis external gear pump ini. Konstruksi external gear pump terlihat pada gambar.
Secara garis besar, external gear pump dapat dibagi dalam dua jenis :


~ Fixed Side Plate Type Gear Pumps.
Side plate pompa ini tidak dapat bergeser-geser. Kontruksinya ada yang jadi satu dengan housing, dan ada pula yang terpisah tetapi di ikat terhadap housingnya. Pompa ini mempunyai discharge pressure antara 30 Kg/Cm2 sampai dengan 125 Kg/Cm2. Komatsu menamakan pompa jenis ini tipe FAL/R dan GAL/R.

~ Movable Side Plate Type ( Pressure Balancing Type Gear Pumps ).
Side plate pompa ini dapat bergeser semakin menjepit gear bila      tekanan naik. Dengan demikian maka internal leakage diperkecil sebab side clearance juga kecil. Specific Discharge Pressurenya lebih besar dari 140 Kg/Cm2.
Gear pump yang dipergunakan dalam unit-unit Komatsu berbeda-beda jenisnya disesuaikan dengan fungsinya. Untuk itulah maka external gear pumps diklasifikasikan dalam 5 ( lima ) jenis yaitu :
        * FAL/R dengan tekanan 30 Kg/Cm2
        * GAL/R dengan tekanan 125 Kg/Cm2
        * PAL/R dengan tekanan 140 Kg/Cm2
        * KAL/R dengan tekanan 175 Kg/Cm2
        * SAL/R dengan tekanan 210 Kg/Cm2



No comments:

Post a Comment