Tuesday, December 13, 2011

Konstruksi Dan Cara Kerja Battery Relay Switch


Sahabat teknisi, kemarin kita telah berlama-lama dengan pembahasan engine, kali ini saya akan menjelaskan kembali mengenai komponen starting sistem yaitu, battery relay switch.
Fungsibattery relay switch adalah untuk memutuskan atau menghubungkan negatifbattery dengan body / chasis, ini disebut negative relay. Pada unit -unit tertentu, battery relay switch berfungsi untuk memutuskan atau menghubungkan positif battery denganstarting motor dan ini biasa dinamakan positif relay. Dan type inilah yang sekarang ini paling banyak digunakan. 

Terdapat 2 ( dua ) jenis battery relay switch yaitu :
    Battery relay switch 3 terminal.
    Battery relay switch 4 terminal.
   
1.  Battery Relay Switch 3 Terminal.

Konstruksi circuit battery relay switch 3 terminal adalah sebagai berikut :

 
Pada saat starting switch posisi ON, maka jalannya arus adalah :
                                 
                                BR  -  C1  -  P3  -  (-B)
                                     ê
                                magnet
                                     ê
                                P1  -  P2 terhubung, ( - B ) dan E berhubungan  
                                     ê
                                P3 terbuka
                                     ê
                                BRC1  -  C2  - (-B)



Arus melewati C1 diperlukan untuk menarik kontaktor P1 - P2, sedangkan arus melewati C1 dan C2 diperlukan untuk menahan kontaktor P1 dan P2.

 
2.  Battery Relay Switch 4 Terminal.

Konstruksi battery relay switch 4 terminal adalah sebagai berikut :

                     
                     1.  Case.
                     2.  Terminal.
                     3.  Base.
                     4.  Cover.
                     5.  Plate.
                     6.  Sub switch.


Prinsip kerja battery relay switch 4 terminal adalah sebagai berikut :
Pada saat starting switch posisi ON, maka jalannya arus adalah
            
                                   BR  -  D2  -  C  -  (-B)
                                        ê
                                   magnet
                                        ê
                                   Sub switch dan P1- P2 terhubung, ( -B) danberhubungan  

Bilaengine sudah hidup dan tegangan pengisian battery mencapai 28 - 29   volt, arus dari   alternator ke :
  
                                   R  -  D3  -  Sub switch  -  C  -  ( -B)
  
Dengan demikian, jika engine hidup dan starting switch di-OFF-kan, P1 - P2   dansub switch tidak terbuka secara mengejut hingga tegangan dari alternator turun menjadi 9 volt.
D1 yang dihubungkan parallel dengancoil C adalah flywheel diode yang digunakan untuk mengalirkan tegangan yang timbul pada coil C ketika sirkuit ground terputus.
D2 untuk mencegah terbaliknya polaritas terminal BR dan ( - B).
D3 untuk mencegah arus menuju altenator ketika sub switch terhubung.

No comments:

Post a Comment